Kuliah di Australa dengan biaya sendiri membutuhkan biaya berapa? - Starship Education
Starship Education

Australia masih menjadi destinasi terpopuler siswa Indonesia untuk melanjutkan program kuliah dan berkarir. Namun, biaya kuliah yang tinggi seringkali menjadi penghalang utama. Jika Anda juga berpikir untuk kuliah di Australia dengan biaya yang lebih murah, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengambil jalur pendidikan yang berbeda.

Berikut ini adalah rekomendasi jalur pendidikan dari Starship Education khusus untuk kamu yang ingi luliah ke Australia dengan biaya sendiri yang lebih hemat.

1. Pathway 2+2

Tahukah Anda bahwa saat ini terdapat banyak universitas di Indonesia yang memiliki program pathway dengan universitas di Australia. Program yang sering dikenal dengan 2+2 ini menawarkan program belajar 2 tahun di Indonesia dan 2 tahun di AUstralia. Dengan mengambil program ini, maka Anda akan menghemat biaya kuliah dan biaya hidup. Penasaran dengan program ini? Klik artikel ini untuk info terkait universitas di Indonesia yang menyediakan program pathway dengan universitas di Australia.

2. Pathway Diploma

Opsi lain yang dapat dipertimbangkan adalah mengambil program Certificate atau Diploma terlebih dahulu. Dengan mengambil jalur ini, Anda akan memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengembangkan karir di bidang yang Anda minati, serta mempersiapkan diri untuk kuliah program Sarjana di Australia.Selama program ini, Anda dapat belajar sambil bekerja part time dengan gaji yang lumayan untuk membantu biaya hidup selama di Australia. Selain itu, bekerja paruh waktu juga memberikan Anda pengalaman kerja yang berharga.

Setelah menyelesaikan program studi dan memperoleh gelar, Anda juga dapat memanfaatkan Post Study Work Visa yang disediakan oleh pemerintah Australia. Visa ini memungkinkan Anda untuk bekerja di Australia selama 2 hingga 4 tahun setelah menyelesaikan studi. Dari sini Anda dapat mempersiapkan biaya untuk mengambil program sarjana di Australia selama 2 sampai 3 tahun.

Untuk lebih menghemat biaya kuliah, Anda dapat memilih universitas yang sesuai dengan budget Anda, selama Anda sudah ada di Australia, Anda dapat melakukan reserach dan campus visit langsung untuk mendapatkan pilihan yang sesuai. Dalam hal menghemat biaya, pastikan untuk mencari beasiswa dan program dukungan keuangan lainnya yang tersedia. Selain itu, Anda juga dapat mencari informasi mengenai biaya hidup dan kuliah di Australia dan mempertimbangkan untuk tinggal di daerah yang lebih terjangkau.

Kesimpulannya, memilih untuk mengambil jalur pendidikan yang berbeda seperti program Certificate atau Diploma dan bekerja paruh waktu dapat membantu Anda menghemat biaya kuliah di Australia. Namun, pastikan untuk memilih sekolah dan program yang terbaik untuk Anda, serta mempersiapkan diri dengan baik agar dapat mengatasi tantangan hidup dan kuliah di Australia.

Info lebih lanjut terkait program pendidikan dan jalur pendidikan di Australia, konsultasikan sekarang juga bersama Starship Education.